Menjaga Kehamonisan Rumah Tangga

Posted by Kebaya on

Masalah keuangan sering menjadi sumber keretakan juga perceraian. Sebisa mungkin, cegah masalah tersebut sebelum merusak keharmonisan rumah tangga Anda. Langkah-langkah berikut bisa membantu Anda.

1. Jujur
Salah satu hal yang bisa mencegah pertengkaran karena masalah keuangan adalah sikap jujur. Anda dan suami harus berterus terang mengenai cara kalian mengatur keuangan. Jangan menyembunyikan apapun, karena justru hal itu bisa menjadi sumber masalah.

2. Menganalisa cara mengatur keuangan berdua
Setelah jujur, langkah selanjutnya adalah menganalisa. Bukan mencari siapa yang benar atau yang salah, melainkan mengadaptasi teknik Anda dan suami. Mengambil kelebihan dari masing-masing teknik serta meninggalkan kekurangannya. Hal ini akan membuat cara mengatur keuangan keluarga menjadi lebih sempurna.

3. Berbagi tanggung jawab

Bukan berarti Anda juga harus ikut bekerja untuk membiayai rumah tangga. Jika memang Anda seorang ibu rumah tangga, namun tak ada salahnya juga untuk berbagi tanggung jawab dengan suami. Misalnya Anda dan suami melakukan perencanaan keuangan bersama. Biarkanlah suami memberikan semua pendapatannya pada Anda, dan di akhir bulan, berikan 'laporan keuangan' untuknya. Peran Anda adalah sebagai akuntan dalam rumah tangga. Sehingga Anda dan suami memiliki tanggung jawab masing-masing.

4. Atur batasan pengeluaran
Anda dan suami tak perlu menghabiskan pengeluaran tiap bulannya. Beri batasan sehingga Anda dan suami bisa menabung. Lebih baik lagi jika Anda bisa mengatur pengeluaran di bawah batasan yang sudah ditentukan. Suami pun pasti bangga bisa memiliki istri yang mahir mengatur keuangan.

5. Jangan memperbanyak hutang
Hutang adalah masalah awal dalam mengatur keuangan. Ini juga termasuk dengan menggunakan kartu kredit. Sebisa mungkin atur keuangan Anda sedemikian rupa. Jika tidak perlu, jangan berhutang atau memakai kartu kredit. Biasa berhutang akan membuat Anda dan suami terjerat dalam masalah keuangan yang serius.

6. Atur jadwal berkomunikasi
Setiap bulan, sisakan waktu khusus hanya untuk membicarakan keuangan. Kebutuhan Anda bisa berubah-ubah tiap saat. Ada baiknya untuk selalu mengkomunikasikan perubahan yang terjadi dengan suami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar