Kerajinan Suvenir Perkawinan Unik & Etnik

Posted by Kebaya on


Bookmark and Share

Sleman: Hampir semua bagian dari pohon kelapa dapat dimanfaatkan mulai dari buah, batang, daun, serabut, hingga batoknya. Tak heran jika di Filipina, pohon kelapa dianggap sebagai pohon kehidupan.

Batang kelapa bisa disulap menjadi produk bernilai jual tinggi apabila digarap dengan kreatif. Kerajinan batang kelapa antara lain dihasilkan darirumah Tatik Winarni, warga Desa Ambarketawang, Sleman, Yogyakarta.

Tatik Winarni merubah batang kelapa menjadi suvenir pernikahan yang cantik dan lucu. Usaha Tatik dirintis sejak 1995. Membuat suvenir batang kelapa yang enak diliihat harus dilakukan dengan cermat dan teliti.

Salah satu suvenir pernikahan dari batang kelapa adalah tempat garam dan lada. Untuk membuat produk ini, pertama-tama, batang pohon kelapa dibelah dan dipotong-potong. Setelah itu diproses dengan mesin bubut.

Kerajinan suvenir pernikahan ini telah merambah berbagai kota besar di Indonesia bahkan sejumlah negara Asia dan Eropa. Tatik menjual produknya mulai dari Rp 1.500 hingga Rp 15 ribu per buah. (lip6 - to GrosirKebaya.Net)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar