Kebaya Indonesia Siap Bersaing di Miss World

Posted by Kebaya on

Bookmark and Share


Tiga rancangan kebaya dibuat khusus Marga Alam untuk dikenakan Miss Indonesia 2010, Kerenina Sunny Halim pada Grand Final Miss World 2010.

Desainer spesialis kebaya ini telah menyiapkan tiga rancangan yang salah satunya akan diikutkan dalam kompetisi Designer Award, yang merupakan bagian dari acara tersebut.

"Saya buat tiga kebaya untuk Miss Indonesia. Yang pertama motif tenunan Bali dengan warna turquoise. Kedua, warna biru muda dengan sentuhan Batik Sidomukti, dan yang terakhir kebaya bernuansa emas yang mewah dengan tampilan internasional," jelas Marga.

Rencananya rancangan kebaya warna emas ini akan bersaing dengan perancang dari negara lainnya untuk memenangkan Designer Award 2010. Untuk menciptakan kebaya itu, Marga menghabiskan waktu hampir tiga bulan, mulai dari sketsa, pemilihan bahan, proses jahit, pemasangan payet sampai finishing.

"Proses pembuatannya cukup lama karena semuanya dikerjakan handmade. Kenapahandmade ini bagian dari salah satu penilaian tertinggi kompetisi ini," ujar desainer yang tergabung dalam Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia ini.

Kesan mewah terlihat dalam gaun kebaya rancangannya ini. Pemakaian bahan-bahan impor seperti Italian Silk dan lace, serta bordiran tiga dimensi dari manik dan payet. Untuk lebih menandakan khas Indonesia, Marga tidak lupa memasukkan unsur tradisional.

"Ornamen ukiran kayu khas Jepara saya masukkan ke gaun lewat sulam dan bordir. Sementara bentuk kebayanya, Saya ambil model kerah kebaya Kartini," paparnya.

Marga optimistis rancangannya bisa memenangkan kompetisi rancangan terbaik di Miss World 2010, karena kebaya memiliki siluet unik dan keanggunan berbeda dibanding gaun malam pada umumnya.

"Gaun kebaya sangat berkarakter, ketika dikenakan memiliki aura dan keanggunan berbeda daripada gaun biasa. Saya sendiri sangat optimis bisa menang," pungkas Marga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar